Kategori Berita

Informasi

Terus Eksis Dengan Jok Custom Hingga Sirup Jahe

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Jakarta – Di usia yang tak lagi muda, Siti Mariyam, perempuan berdarah Pasuruan Jawa Timur, terus eksis di dunia usaha. Perempuan berkulit terang ini sudah puluhan tahun menggeluti usaha jok custom kendaraan bermotor.

 

Kepada media ini di sela-sela perhelatan Nasdem UMKM Trade Show (NUTS) di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (11/11/2022), Mariyam mengungkapkan usaha jok custom miliknya sesungguhnya merupakan usaha keluarga yang sudah turun-temurun dijalankan sejak 1986 silam. Dari orang tuanya, Mariyam diwariskan keahlian mendesain jok kendaraan bermotor, khususnya untuk roda dua.

 

“Ini dasarnya bisnis keluarga. Dari Tahun 1986, terus turun temurun sampe ke anak anak saya. Sekarang namanya Azka Jok Custom, ” ujarnya.

 

Namanya custom, bahan baku jok ini bisa disiapkan dengan berbagai pilihan. “Bisa yang full kulit, bisa juga yang komplit dengan kombinasi bahan tambahan seperti spon, dan lain lain,” jelas Mariyam.

 

Karena beda bahan baku dan beda pula kesulitan pengerjaannya sesuai style yang diinginkan konsumen, harga yang ditawarkan juga cukup bervariasi. Mulai dari paling murah sebesar Rp 30 ribu hingga mencapai Rp 1 jutaan.

 

“Misal seperti jok kendaraan besar seperti NMAX dan sejenisnya, itu harganya bisa Rp 1 juta. Apalagi kalau desainnya juga kompleks,” pungkas Mariyam.

 

Saat ini, Mariyam turut melayani order dalam jumlah besar. Kemampuan produksinya bisa mencapai maksimum 1000 piece per order. “Kalau ada pesanan yang banyak, saya memanfaatkan anak anak di Pasuruan dengan konsep kerjasama. Kami siapkan dari mesin sampe bahannya, ” tukasnya.

 

Di sela-sela mengembangkan usaha jok custom, Mariyam turut menjual Sirup Jahe Sere. Minuman tradisional dengan ramuan yang juga turun temurun dari keluarganya tidak saja dipasarkan di Pasuruan. Beberapa kali, dia turut menerima order dari kenalannya baik dari jalur Partai Nasdem maupun perseorangan.

 

“Masih satu varian aja, ukuran 555 ml, saya jual Rp 40 ribu, ” katanya dengan senyum tipis.

 

Besar harapannya, DPP Gerakan Restorasi Pedagang dan UMKM (GARPU) sebagai salah satu wadah UMKM di Partai Nasdem dapat mendukung usaha jok custom dan Sirup Jahe Sere miliknya.

 

“Kebutuhan saya saat ini lebih kepada pengembangan pasar. Untuk jok custom sendiri, kalau didukung marketing dan promosi tertentu, saya masih bisa menggenjot angka produksi, bahkan untuk keperluan di luar Jawa Timur,” demikian katanya berharap.

 

Ketua Umum DPP GARPU, Pietra M Paloh yang turut serta mendengar cerita Mariyam cukup antusias. Saat ini, pihaknya sedang mengoptimalkan pembentukan DPW GARPU Jawa Timur.

 

“Nanti unit unit usaha seperti Buk Mariyam akan menjadi prioritas pendampingan bagi DPW GARPU Jawa Timur,” tandas Pietra. []

Penulis: Yuli Rahmad

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Advertorial

Berita Terkait

Berita Lainnya

Leave a Comment

Advertorial

Berita Terpopuler

Kolom

Suara Pembaca

Kirimkan tanggapan dan komentar Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik dan keluhan konsumen.

Kategori Berita