Kategori Berita

Informasi

Terjunkan Tim ke Cianjur, DPP GARPU Serahkan Bantuan Sembako untuk Korban Gempa

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Cianjur – Musibah gempa bumi berkekuatan 5,6 Skala Richter yang terjadi di Kabupaten Cianjur pada Senin lalu (21/11/2022) tidak saja mengakibatkan kerusakan infrastruktur di 15 kecamatan. Lebih daripada itu, sebagaimana data yang dirilis Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB), jumlah kematian akibat bencana tersebut mencapai 272 jiwa. Selain daripada itu tentunya, 2.046 warga mengalami luka-luka dan 62.545 warga terpaksa diungsikan.

 

“Yang paling utama, kami atas nama besar seluruh keluarga besar GARPU Nasdem menyampaikan duka cita yang mendalam atas musibah ini. Dampaknya cukup parah, khususnya di wilayah terpencil. Karenanya, kami mengirimkan tim untuk pengiriman bantuan sembako. Walau tak besar, semoga kiranya bisa membantu para pengungsi, khususnya di wilayah Sukamulya, Kecamatan Cugenang,” demikian ujar Sekjend DPP Gerakan Restorasi Pedagang dan UMKM (GARPU), Husendro SH yang langsung memimpin rombongan ke Cianjur, Rabu kemarin (23/11/2022).

 

Dikatakannya lagi, bantuan sembako yang terdiri dari Diapers Bayi, Susu Bayi, Susu Anak, Biskuit, Bubur Bayi, Minyak Telon, Minyak kayu Putih, Pembalut Wanita, Pakaian Anak dan Perempuan, dan beberapa jenis sembako lainnya disalurkan melalui DPD Nasdem Kabupaten Cianjur. Kemudian, Tim DPD Nasdem Kabupaten Cianjur mendampingi proses distribusi sembako secara langsung yang diberikan kepada salah satu RW di wilayah Sukamulya, Kecamatan Cugenang.

 

Sampai saat ini sambung Husendro, para korban terdampak gempa masih membutuhkan uluran tangan masyarakat dengan berbagai bantuan sembako dan perlengkapan dasar. Kondisi itu dilihatnya mengingat kapasitas pengungsi di berbagai titik yang cukup banyak.

 

“Kami rasa kita masih perlu bahu-membahu meringankan beban korban gempa. Dengan cara apapun sampai dengan evakuasi selesai dan proses recovery bisa dilakukan dengan konprehensif,” katanya.

 

Selain mengajak masyarakat untuk saling menguatkan korban gempa Cianjur, dalam proses distribusi bantuan tersebut yang turut didampingi oleh DPW GARPU Jabar, Husendro turut menyinggung kondisi ekonomi masyarakat pasca musibah gempa. Menurutnya, pemerintah dituntut kerja super ekstra untuk melakukan proses evakuasi dan recovery psikologi serta sosial kemasyarakatan.

 

“Termasuk persoalan ekonomi yang tentunya berdampak luas dan perlu menjadi perhatian pemerintah. Agar bagaimana kompensasi pemulihan ekonomi bisa diberikan tepat sasaran sehingga mampu mengembalikan gairah ekonomi masyarakat pasca gempa. Apalagi bagi para petani yang kerusakan lahan, begitu juga bagi para pelaku UMKM yang mungkin kehilangan tempat usaha dan harta benda lainnya,” demikian harap Husendro.

 

Sementara itu, Ketua DPP GARPU Pietra M Paloh yang sehari sebelumnya turut mempersiapkan berbagai item kebutuhan para pengungsi ikut menyampaikan rasa duka-cita. Dia berharap seluruh komponen masyarakat di Indonesia dapat bersinergi dan berkolaborasi dengan cara apapun untuk mensupport para korban terdampak gempa. []

Penulis: Yuli Rahmad

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Advertorial

Berita Terkait

Berita Lainnya

Leave a Comment

Advertorial

Berita Terpopuler

Kolom

Suara Pembaca

Kirimkan tanggapan dan komentar Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik dan keluhan konsumen.

Kategori Berita