Kategori Berita

Informasi

Home Kolom

Pietra Paloh: “GARPU Harus Terlibat Mengedukasi Pedagang dan UMKM Industri 4.0”

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Jakarta, GARPU News Era teknologi canggih tak terelakkan. Mereka yang ikut akan kian maju, sementara yang tertinggal bisa tergilas. Untuk itu, peran organisasi massa dalam mengedukasi para pelaku usaha sangatlah besar.

Hal tersebut dikatakan Ketua Dewan Pakar DPP Gerakan Restorasi Pedagang dan UMKM (GARPU) Pietra Paloh, di Jakarta, Selasa (21/12/2021). “Tantangan zaman kini tidak hanya pada persaingan dan ekspansi ekonomi global, namun juga pada fenomena revolusi industri 4.0,” ujarnya.

Bahkan di sejumlah negara, sekarang sudah masuk pada industri 5.0. Menurutnya, era industri akan terus menghadirkan banyak perubahan yang tak bisa dibendung.

“Karena itu, GARPU sebagai sayap Partai NasDem yang fokus pada pedagang dan UMKM, harus juga berperan penting untuk bagaimana memberi pemahaman kepada semua elemen masyarakat, terkhusus para pedagang dan UMKM tentang hakikat era industri 4.0, dengan segala konsekuensi logisnya,” urainya.

Pietra menilai, langkah ini penting. Karena belum banyak yang berminat memahami industri 4.0. Masyarakat pedagang dan UMKM memang sudah melakoni beberapa perubahan itu, tetapi kepedulian pada tantangan di era digitalisasi dan otomasi sekarang ini pun terbilang minim.

Dia menambahkan, Indonesia memiliki nodal yang besar, baik sumber daya manusia maupun alam. “Itu semua menjadi modal utama bangsa untuk bertransformasi menjadi negara maju,” imbuhnya.

Dirinya mendorong agar GARPU dapat menjawab tantangan zaman dengan mendorong para pedagang dan pelaku UMKM agar dapat survive, baik dalam mengembangkan diri, menciptakan lapangan-lapangan pekerjaan, menginisiasi industri kreatif, dan berperan aktif dalam perekonomian kita, baik secara mikro atau makro.

Dia mengingatkan bahwa kehadiran GARPU tidak boleh hanya menjadi penonton dalam ‘persaingan’ global, terutama pada bidang ekonomi. “Negara-negara maju terus mendorong pemudanya untuk menciptakan komoditas dengan cara-cara yang kreatif dan inovatif,” terang Pietra Paloh.

Jangan sampai, lanjutnya, kita hanya sebagai pangsa pasar dari ekspansi bisnis negara-negara lain karena ketidakmampuan kita untuk bersaing dan berinovasi. (garpu)

Tag:

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Advertorial

Berita Terkait

Berita Lainnya

Leave a Comment

Advertorial

Berita Terpopuler

Kolom

Suara Pembaca

Kirimkan tanggapan dan komentar Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik dan keluhan konsumen.

Kategori Berita