Kategori Berita

Informasi

Perlu Pengembangan SDM di Wilayah Industri Pariwisata

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Labuan Bajo – Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Subardi menegaskan pariwisata bukan hanya tentang pengembangan infrastruktur fisik seperti dukungan bandara, jalan dan hotel, melainkan perlu juga pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang berada di wilayah industri pariwisata tersebut.

 

Subardi menilai dengan tidak dibangunnya kesadaran pada masyarakat sekitar, maka pariwisata bisa berpotensi menimbulkan gejolak sosial.

 

“Di Labuan Bajo belum ditumbuhkan bahwa wisata itu bagian dari mereka (masyarakat), hidup mereka itu dari wisata. Jadi mereka belum siap menjadi tuan rumah dari pariwisata,” ujar Subardi saat mengikuti Kunjungan Kerja Reses Komisi VI DPR RI ke Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), sebagaimana dikutip dari Laman Fraksi Nasdem DPR RI, Minggu (14/8/2022).

 

Legislator NasDem itu menambahkan, semestinya masyarakat lebih banyak dilibatkan dalam pengembangan pariwisata. Dengan begitu, kemajuan pariwisata tidak hanya akan menguntungkan para investor, tetapi juga berdampak pada kemakmuran bagi masyarakat yang berada di wilayah pariwisata tersebut.

 

“Dari kulturnya, budayanya, dalam pariwisata itu budaya dijual. Dan di Labuan Bajo belum, sehingga ada jarak antara investor dengan masyarakat setempat dalam menikmati adanya pariwisata di sini,” ujar Subardi.

 

Selain itu, Ketua DPW Partai NasDem DIY tersebut juga mendorong penguatan sinergi pada seluruh BUMN dalam mengembangkan sektor pariwisata, baik pada transportasi, hotel, infrastruktur dan sebagainya.

 

“Jadi tidak jalan sendiri-sendiri. Maka dari sanalah akan terwujud tujuan nasional kita bagaimana mengembangkan destinasi wisata prioritas itu menjadi bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat,” tukas Subardi. []

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Advertorial

Berita Terkait

Berita Lainnya

Leave a Comment

Advertorial

Berita Terpopuler

Kolom

Suara Pembaca

Kirimkan tanggapan dan komentar Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik dan keluhan konsumen.

Kategori Berita