Kategori Berita

Informasi

Home Kolom

Nasdem UMKM Trade Show,  Bukti Seriusnya Nasdem Mendorong UMKM

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Pedagang kecil (mikro) dan menengah yang dikenal dengan UMKM mejadi sorotan sejak Partai Nasdem membuat acara yang bertopik Nasdem UMKM Trade Show (NUTS) di JCC dari tanggal 9-11 November 2022. Peserta pameran UMKM ini diikuti 300 pelaku pedagang UMKM dari berbagai daerah di Indonesia dengan berbagai macam produk yang bertaraf eksport.

 

Kerajinan batik tulis, kopi, meubel, berlian dan lain lain. alhasil banyak sekali produk UMKM yang sangat menarik. Uniknya pada acara pembukaan kemaren sangat meriah dan banyak dihadiri banyak oleh duta besar USA, Eropa, China, Singapore, Emirat Arab, Mesir, Malaysia, Brunei, Arab Saudi dan lain lain.

 

Nasdem sudah memiliki binaan UMKM di seluruh Indonesia dibawah binaann sayap partai seperti Garnita dan Garpu bahkan sudah mengembangkan sayapnya ke Kerajaan Arab Saudi dan akan menyusul membuka perwakilan di Mesir, UEA (Dubai), Kuwait dan Oman. Nasdem selalu bersama pemerintah membantu dan mensukseskan program memperdayakan dan meningkatkan  sumber daya manusia masyarakat Indonesia semakin bangkit dan maju melalui para pelaku UMKM ini.

 

Kita menyadari ketertinggalan kita dari negara tetangga seperti Vietnam, Kamboja, Thailand dan China, tapi hal itu bukan mengendorkan semangat kerja untuk membangkitkan para pedagang UMKM berani dan tekad untuk maju dan berkompetisi mampu bangkit bersaing dengan negara-negara tetangga di dunia International.

 

Nasdem sebagai wadah para pedagang UMKM Indonesia menfasiltasi dari berbagai kebutuhan mereka agar semakin berkembang dengan produk-produk yang memenuhi persyaratan eksport yang dibutuhkan oleh kebutuhan masyarakat dunia.

 

Alhamdulillah langkah nyata Nasdem baru-baru ini sudah mendeklarasikan perwakilan luar negeri di kota Mekkah sebagai pusat perdagangan dunia dan sangat strategis untuk memasarkan produk-produk UMKM kita, sekaligus mengundang para investor dari negeri itu untuk mengunjungi Indonesia agar mau berinvestasi dan mengembangkan para pedagang UMKM di Indonesia.

 

Nasdem berkeyakinan dengan bekerja keras, cerdas, bertekad untuk maju pasti akan sukses. Allah Swt tidak akan mensupport hambanya yang hanya memiliki impian tanpa planing, tapi Allah SWT akan mensupport hambanya yang memiliki itikad untuk merubah nasibnya dengan bekerja keras dan cerdas serta dengan saling tolong menolong. Disebutkan dalam alQuran ,” Sesungguhnya Allah tidak akan merubah nasib sekolompok orang,sehingga orang tersebut berusaha merubahnya sendiri.”

 

Menurut sejarahwan, Rasulullah SAW berdagang hingga berusia 37 tahun. Jika kita hitung beliau mulai berdagang di usia 12 tahun hingga 37 tahun berarti Rasululah saw telah berdagang selama 25 tahun. Jumlah tersebut lebih banyak dari masa tugas kenabiaan yang hanya 23 tahun. Pada masa itu sosok Rasulullah Muhammad SAW dikenal sebagai wirausahawan yang sukses dan seorang entrepreneur sejati. Keteladanan beliau dalam berdagang menjadi contoh para sahabat dalam berwirausaha. Rasulullah menumbuhkan jiwa entrepreneur sejak beliau berusia 8 tahun.

 

Keseriusan partai Nasdem terhadap perkembangan para pedagang UMKM di Indonesia dengan cara pendampingan. Demikian disampaikan Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel saat memberikan sambutan di pembukaan NasDem UMKM Trade Show (NUTS) di JCC Jakarta Pusat, Rabu (9/11). “Partai NasDem berkomitmen mendukung UMKM agar mampu berkembang dan tumbuh, karena memiliki peran penting bagi peningkatan ekonomi Indonesia”.

 

UMKM (GARPU) partai Nasdem ikut serta mencari relasi dan hubungan luar negeri dan mengajak para investor terutama dari Timur Tengah untuk berkunjung ke Indonesia dan menyaksikan langsung dan beraudensi dengan para pedagang UMKM di Indonesia ini.

 

Partai NasDem dibawah komando Bapak Surya Paloh dan juga sebagai pelaku UMKM pada masa mudanya terus mendorong agar eksistensi UMKM yang ada dapat naik kelas dan semakin maju mengembangkan cakupan pasarnya. NasDem berkomitmen untuk memajukan UMKM Dalam Negeri untuk bisa menembus pasar ekspor, agar dapat meningkatkan pemasukan bagi devisa negara.

 

Rahmat Gobel sebagai wakil DPR RI menekankan juga bahwa sebagai kader partai NasDem, para anggota dewan di lembaga legislatif baik pusat maupun daerah telah memperjuangkan arah kebijakan dan program-program yang berpihak untuk pengembangan UMKM baik melalui dukungan anggaran, pengawasan serta legislasi,” kata legislator asal Gorontalo itu.

 

Perlu kita sadari bahwa UMKM memiliki peran dalam menjaga ketahanan pangan Nasional untuk menghadapi ancaman krisis pangan di tengah kondisi geopolitik Internasional yang kurang stabil, dengan memproduksi bahan pangan yang menjadi keunggulan daerah masing-masing seperti jagung, sagu, dan liannya.

 

Selain itu NasDem ingin turut serta dalam mengembangkan budaya nasional melalui produk-produk UMKM, karena Indonesia merupakan negara yang kaya akan nilai-nilai budaya, yang dapat dikembangkan seperti produk kerajinan, produk batik, produk herbal, dan lain-lain.

 

Tema saat ini sangat berbeda dibanding acara Nasdem lainnya yaitu dalam rangka acara Hari Ulang Tahun Partai NasDem yang ke-11 ini, mempersembahkan NUTS (NasDem UMKM Trade Show), diikuti oleh kurang lebih 300 UMKM pilihan Partai NasDem dari berbagai wilayah di Indonesia, dalam rangka untuk meningkatkan ketahanan ekonomi, pangan serta budaya Indonesia,”

 

Kegiatan NUTS kali ini mengundang perwakilan Negara-negara sahabat atau atase perdagangan untuk melihat produk-produk UMKM yang ikut dalam program NUTS dalam rangka HUT ke-11 NasDem. Terobosan dan usaha yang mulia ini mendapat apresiasi oleh masyarakat umum.Semoga mendapat berkah, taufik dan inayatnya dari Tuhan Yang Maha Esa. []

 

*Penulis merupakan Anggota Dewan Pakar DPP Partai Nasdem. Juga sebagai Dewan Penasehat DPP GARPU

Penulis: Habib Dr Mohsen Hasan Alhinduan Lc MA

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Advertorial

Berita Terkait

Berita Lainnya

Leave a Comment

Advertorial

Berita Terpopuler

Kolom

Suara Pembaca

Kirimkan tanggapan dan komentar Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik dan keluhan konsumen.

Kategori Berita