Kategori Berita

Informasi

Mentan SYL Dorong Provinsi Sumut Jadi Lumbung Pangan Nasional

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Deli Serdang – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mendorong Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mampu menjadi gerbang utama lumbung pangan Indonesia. Menurut SYL, Sumatera Utara merupakan salah satu provinsi yang paling strategis karena memiliki hamparan tanah subur dan hasil olahan berkualitas.

 

“Saya mau katakan Sumatera Utara itu harus menjadi contoh. Karena itu harus ada kolaborasi dalam menjaga semangat bersama. Mari kita jaga agar inflasi tidak naik dan daya beli masyarakat tetap terjangkau. Deli Serdang itu sudah over stok dan over stoknya harus kita jaga bersama,” ujar SYL saat menanam padi di Desa Beringin Kecamatan Bringin, Kabupaten Deli Serdang, sebagaimana rilis Kementan, Minggu (23/10/2022).

 

SYL mengatakan, dari sisi target penanaman di Desa beringin ini mencapai 235 ha dengan penutup tanam sekitar minggu ke depan. Sementara target tanam di Kecamatan Beringin mencapai 2.680 ha dengan varietas yang digunakan adalah varietas Ciherang, mekongga, inpari 32 dan inpari 42.

 

“Kita pakai alat tanam transplanter sebanyak 3 unit dengan provtas sekitat 6,5 sampai dengan 7 ton/ha,” katanya.

 

Menurut SYL, saat ini pemerintah juga memiliki fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) pertanian yang bisa menunjang proses budidaya sampai pengembangan usaha tani. Layanan tersebut harus bisa dimanfaatkan karena pemerintah telah meringankan bunga KUR hingga 3 persen.

 

“Bapak ibu sekalian bisa menggunakan KUR sebagai modal utama usaha taninya. Jadi kita bisa pakai varietas yang bagus dan tidak bergantung pada pupuk sunsidi. Produktivitas akan memberi keuntungan jika pengelolaannya dilakukan secara baik,” katanya.

 

Menurut SYL, pertanian sejauh ini merupakan sektor penyanga ekonomi nasional dalam menghadapi berbagai ancaman krisis dunia. Pertanian terbukti mampu tumbuh dengan baik disaat sektor lainya melemah akibat tantangan global.

 

“Kalau kita mau bertani maka kita telah memastikan bahwa kita adalah orang yang punya uang. Kalau kita mau kaya ya bertani. Jadi kalau mau perbaiki daerahmu ya perbaiki pertanian. Pertanian itu hebat dan pertanian itu keren,” katanya.

 

Wakil Bupati Deli Serdang, Ali Yusuf Siregar menyampaikan terimakasih atas perhatian Mentan SYL terhadap sektor pertanian di wilayahnya. Menurut Ali, dari luas persawahan yang ada saat ini, Deli Serdang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat di Sumatera Utara.

 

“Kabupaten Deli Serdang adalah penghasil lumbung pangan di Sumatera Utara. Karena itu kami menyampaikan terimakasih kepada Bapak Menteri yang terus memperhatikan sektor pertanian di kabupaten Deli Serdang,” jelasnya.

 

Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementan, Suwandi mengatakan bahwa upaya gerakan tanam ini diharapka mampu meningkatkan indeks pertanaman Deli Serdang menjadi dua kali lipat. Terutama menyoal adanya ancaman krisis pangan global yang berdampak pada berbagai hal.

 

“Program yang menjadi prioritas guna mengamankan ketahanan pangan nasional terhadap ancaman krisis pangan global yang telah disiapkan diantaranya mengurangi impor untuk beberapa komoditas, diantaranya adalah kedelai, gula, sapi, bawang putih, substitusi impor gandum: dengan sagu, sorgum, singkong dan komoditas lain,” katanya. []

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Advertorial

Berita Terkait

Berita Lainnya

Leave a Comment

Advertorial

Berita Terpopuler

Kolom

Suara Pembaca

Kirimkan tanggapan dan komentar Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik dan keluhan konsumen.

Kategori Berita