Kategori Berita

Informasi

Lantik Pengurus DPW GARPU Sumsel, Pietra Tekankan Pentingnya Membangun Empati Sosial

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Palembang – Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerakan Restorasi Pedagang dan UMKM (GARPU) Pietra M Paloh menekankan betapa pentingnya membangun empati sosial bagi seluruh kader GARPU. Adanya rasa sempati yang lahir dari para penggerak UMKM dinilai mampu mendorong sinergitas yang dapat memberikan multi efek dalam penguatan sektor mikro tersebut.

 

“Status kita yang paling penting itu adalah bagaimana bisa hadir untuk masyarakat luas. Karenanya penting sekali bagi seluruh kader GARPU untuk membangun empati sosial. Rasa empati terhadap para pedagang dan UMKM bisa mendorong berbagai kerjasama, kemitraan, dan upaya saling mendukung satu sama lain dalam memperkuat sektor UMKM,” demikian ujar Pietra dalam pidatonya saat melantik Pengurus DPW GARPU Sumatera Selatan (Sumsel) kemarin Minggu (30/10/2022).

 

Disamping itu Pietra turut mengingatkan para pengurus dan kader GARPU di Sumsel betapa sektor UMKM perlu dipicu secara simultan untuk memperkuat laju perekonomian bangsa. Di Sumsel sendiri, Pietra melihat adanya produk-produk unggulan yang dinilai bisa didorong dengan baik untuk memasuki pasar-pasar regional dan internasional.

 

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPW GARPU Sumsel yang baru dilantik, Hj Meilinda MM yang didampingi oleh Sekretaris Umumnya, Adis Oktaviani dalam pidato pelantikannya menyebutkan, kepercayaan yang diberikan kepadanya untuk memimpin wadah UMKM Partai Nasdem ini merupakan amanah yang istimewa. Pun demikian dia meyakini, kedepan pihaknya akan dihadapkan dengan berbagai pekerjaan rumah mengingat kondisi ekonomi baik secara nasional dan global mengalami berbagai kontraksi dan tekanan.

 

Setelah sebelumnya kondisi UMKM, khususnya di Sumatera Selatan dihantam Pandemi Covid-19, Meilinda melihat tantangan pelaku UMKM kedepan cukuplah kompleks. Situasi inkondusifitas bebeberapa negara akibat konflik Rusia-Ukraina, dampak inflasi dan krisis global, dan beberapa potensi luar biasa lainnya di sektor keuangan, Meilinda menekankan betapa para pelaku UMKM akan terus dihadapkan dengan kerja ekstra untuk menjaga eksistensi sektor usaha mikro.

 

“Untuk itu dalam hal mengatasi masalah tersebut di atas kami mengajak bersama-sama  seluruh stakeholder baik itu Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM baik tingkat provinsi maupun tingkat kabupaten kota untuk berusaha menumbuhkembangkan wirausaha baru dan menunjang eksistensi pelaku UMKM yang masih dihadapkan dengan berbagai tantangan,” demikian katanya.

 

Sumsel sendiri sambung Meilinda tentunya memiliki beberapa sektor unggulan. Salah satunya yakni sektor agribisnis. Selama ini dia menilai Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dibawah kepemimpinan Herman Deru cukup agresif dalam mendorong pengembangan sektor tersebut. Dia berharap dengan agresifnya pengembangan agribisnis, kehadiran produk-produk lokal benar-benar mampu menyaingi ekspansi produk impor.

 

“Dengan semangat tinggi dan kerja bersama, saya yakin produk dalam negeri, terutama produk umkm, mampu menjadi tuan rumah di negeri sendiri, mengalahkan konsumsi produk impor,” pungkasnya.

 

Untuk diketahui, selain diwarnai dengan kemeriahan seremoni dan suguhan beberapa tarian khas Sumatera Selatan, prosesi pelantikan Pengurus DPW GARPU Sumsel turut diramaikan oleh bazar 100-an produk UMKM yang didatangkan dari beberapa kabupaten/kota di daerah tersebut. Bazar UMKM GARPU Sumsel melibatkan produk-produk kuliner dan kerajinan. []

Penulis: Yuli Rahmad

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Advertorial

Berita Terkait

Berita Lainnya

Leave a Comment

Advertorial

Berita Terpopuler

Kolom

Suara Pembaca

Kirimkan tanggapan dan komentar Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik dan keluhan konsumen.

Kategori Berita