Kategori Berita

Informasi

Lantik DPW Sumut, Pietra: GARPU Harus Bisa Menjadi Fasilitator Pelaku UMKM

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Medan – Ketua Umum DPP Gerakan Restorasi Pedagang dan UMKM (GARPU), Pietra Machreza Paloh berharap para pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) GARPU Sumatera Utara (Sumut) dapat menjadi fasilitator bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah tersebut. Harapan tersebut disampaikan Pietra mengingat betapa sektor UMKM masih dihadapkan dengan berbagai persoalan mendasar.

 

“GARPU sebagai fasilitator harus mampu meringankan beban pelaku UMKM. Harus terjun langsung membina para pelaku UMKM. Baik itu yang masih mengalami persoalan-persoalan keadministrasian seperti perizinan, NIB dan lain-lain. Begitu pula GARPU harus mampu menjadi sebagai fasilitator dalam rangka pembinaan UMKM untuk mendorong percepatan UMKM naik kelas,” demikian ujar Pietra menjawab awak media ini usai pelantikan DPW GARPU Sumut di Medan, Kamis (25/8/2022).

 

Upaya tersebut tentunya bukanlah pekerjaan yang mudah. Apalagi jelas Pietra, persoalan UMKM di Indonesia masih sangat kompleks. Karenanya penting sekali bagi pengurus GARPU untuk lebih pro aktif dalam upaya menjemput bola-bola persoalan UMKM di lapangan. Hanya dengan pendekatan tersebut, Pietra menegaskan kehadiran GARPU di tengah-tengah ekosistem UMKM di Sumut dapat berdampak luas.

 

“Saya ingin Garpu ini lebih memanusiakan UMKM, lebih turun lagi ke bawah, lebih jemput bola,” tegasnya yang dalam prosesi pelantikan tersebut turut didampingi oleh Sekjend DPP GARPU, Husendro SH.

 

Dalam pidato pelantikannya, Ketua DPW GARPU Sumut, Rico Waas menyampaikan komitmennya dalam mengelola organisasi tersebut. Sebagai fasilitator para pelaku UMKM sebagaimana harapan Ketum DPP GARPU, Pietra M Paloh, GARPU tegasnya berkomitmen akan melakukan serangkaian program pembinaan dalam upaya memperkuat sektor UMKM di Sumut.

 

“Garpu Sumut berkomitmen untuk memajukan, memperkuat dan melindungi UMKM melalui advokasi, pendampingan dan pelatihan. Garpu pun ingin mereka menuju revolusi industri 4.0, masuk ke dunia digital dalam mengembangkan usahanya,” tandas Rico.

 

“Melalui arahan DPP Garpu, program ini akan kita kembangkan di Sumut. Dan pelan-pelan kita mendampingi mereka (UMKM-red) masuk ke dunia marketplace. Sebab, ini akan membuka pintu-pintu baru yang lebih menguntungkan para pelaku usaha tersebut,” tambah Rico lagi.

 

Disamping itu, Rico memastikan proses pengembangan aktifitas DPW GARPU Sumut akan selalu beriringan dengan program-program Partai Nasdem, khususnya dari DPW Nasdem Sumut. Merekapun menyatakan siap berkolaborasi dalam konteks yang lebih luas sehingga upaya penguatan sektor UMKM benar-benar dapat dilihat secara bertahap.

 

“Maka dari itu saya pastikan, berjalannya Garpu akan selalu beriringan dengan partai. Kami tidak akan bertanya apa yang partai berikan kepada Garpu. Apa yang partai lakukan untuk Garpu. Tapi, kami akan berikan seluruh daya upaya dan kerja nyata untuk Partai NasDem,” ucapnya.

 

Pada kesempatan yang sama, Ketua DPW Partai NasDem Sumut Iskandar, ST mengakui sektor UMKM telah menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia dari era ke era. Sebagai contoh, dalam era krisis moneter 1998, UMKM mampu mendorong sektor perekonomian di tengah kesulitan ekonomi dan tumbangnya berbagai perusahaan besar.

 

Maka karena itu pula, upaya-upaya pengembangan sektor UMKM harus terus dilakukan secara berkesinambungan. GARPU pintanya tidak boleh hanya berorientasi pada agenda perluasan akses massa semata. Lebih daripada itu, GARPU Sumut diharapkan mampu membina 2,8 juta pelaku UMKM di Sumut yang benar-benar membutuhkan pembinaan dan perlindungan.

 

“Mereka masih banyak yang bekerja secara informal. Banyak yang belum memiliki NIB. Jadi, tugas GARPU nanti membantu mereka menyiapkan NIB-nya. Partai NasDem, terutama GARPU, saya intruksikan untuk segera memberdayakan pedagang dan UMKM,” kata Iskandar.

 

“Lebih penting daripada itu, saat ini sudah jamannya digitalisasi. Maka GARPU harus berada di garis paling depan memberikan pelatihan-pelatihan supaya UMKM kita bisa melakukan pemasaran maupun promosi di dunia maya,” tambah Iskandar lagi optimis.

 

Untuk diketahui, pelantikan Garpu Sumut yang diketuai oleh Rico Waas, Fikri Fauzi sebagai sekretaris, Darius Univa sebagai bendahara dan para pengurus lainnya turut dihadiri Ketua DPW Partai NasDem Iskandar ST, Ketua Bappilu NasDem Sumut H. Salman Ginting, Dewan Pakar NasDem Sumut, Rahunman Harahap, Dewan Pakar Garpu Melkhy Waas dan pengurus DPW lainnya. Selain itu, Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, perwakilan Kejaktisu, Wakil Ketua DPRD Sumut, Rahmansyah Sibarani, anggota DPRD Sumut Dimas Tri Adji dan dr. Mustafa Kamil Adam Sp,PD.

 

Selanjutnya, Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD Medan, Afif Abdillah. Ketua DPD NasDem Sergai Drs. Joni Walker Manik didampingi sekretaris Ali Amran dan pengurus DPD NasDem lainnya. Kemudian Ketua DPW Garda Sumut, Defri Noval Pasaribu, Ketua DPW Garnita Sumut, Dr. Ade Sandrawati Purba, Ketua BAHU DPW NasDem Sumut, Arrifani SH, para kader Partai NasDem dan pengurus DPD Garpu di enam kabupaten/kota yang akan dilantik oleh DPW Garpu Sumut. []

Penulis: Yuli Rahmad

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Advertorial

Berita Terkait

Berita Lainnya

Leave a Comment

Advertorial

Berita Terpopuler

Kolom

Suara Pembaca

Kirimkan tanggapan dan komentar Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik dan keluhan konsumen.

Kategori Berita