Kategori Berita

Informasi

Identifikasi Figur Pemimpin Nasional, Nasdem Gelar Seminar 16 Juni Nanti

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Jakarta – Memahami peran kepimpinan nasional dalam kemajuan sebuah bangsa dan negara dinilai menjadi hal yang sangat penting. Dengan memahami hal tersebut, masyarakat dinilai dapat mengidentifikasi figur kepemimpinan nasional yang lebih ideal. Hal itu pula yang menjadi landasan DPP Partai Nasdem melaksanakan seminar nasional pada 16 Juni 2022 mendatang di Jakarta Convention Center (JCC).

 

“Kita perlu memahami peran kepemimpinan nasional. Tujuannya agar seluruh elemen masyarakat dapat merefleksikan estafet kepemimpinan nasional di Indonesia. Dengan demikian, nantinya masyarakat dapat dengan mudah mengidentifikasi figur pemimpin nasional yang sesuai dengan kondisi Indonesia saat ini,” demikian disampaikan oleh Pietra M. Paloh, PIC acara tersebut sebagaimana dokumen kegiatan yang diterima Redaksi Garpunews.com, Jumat (10/6/2022).

 

Dikatakannya lagi, sejak berdiri pada 17 Agustus 1945 silam, Indonesia telah melalui 7 estafet kepemimpinan nasional mulai dari era Soekarno, Soeharto, BJ Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati Soekarno Putri, Soesilo Bambang Yudhoyono dan Joko Widodo yang akan segera berakhir masa tugasnya pada 2024 nanti. Ketujuh pemimpin bangsa tersebut tentunya telah melakukan berbagai upaya untuk mendorong Indonesia ke arah yang lebih baik.

 

Kedepan tentunya, persoalan-persoalan yang dialami Indonesia makin kompleks. Menyikapi perkembangan situasi nasional, regional dan global yang berubah cepat, terutama dengan adanya disrupsi teknologi dan bisnis, bangsa Indonesia harus semakin siap memantapkan kualitas diri agar tidak larut  dalam  gelombang perubahan tanpa dasar dan arah.

 

“Karena berbagai potensi permasalahan tersebut, Indonesia membutuhkan kepemimpinan nasional yang kuat dan arif. Yang mampu menentukan skala prioritas masalah nasional, mampu mengoptimalkan sumber daya dan mengkoordinasikan modal sosial secara efektif serta memiliki kesabaran untuk menuntaskan penyelesaian akar masalah sehingga Indonesia dapat keluar dari berbagai macam situasi krisis,” jelas Pietra.

 

Yang tak kalah penting, Indonesia juga membutuhkan figur kepemimpinan nasional yang diharapkan mampu merajut kemajemukan masyarakat dan politik berdasarkan nilai-nilai luhur Pancasila, serta didukung rakyat secara luas agar suatu pemerintahan dapat mengembangkan kebijakan secara efektif, baik di legislatif, eksekutif maupun yudikatif, terutama dalam menghadapi krisis.

 

“Seminar ini digelar agar kita semua bisa merefleksikan perjalanan kepemimpinan nasional dengan harapan, kedepan masyarakat benar-benar mengenali figur pemimpin yang layak,” tandasnya lagi.

 

Untuk diketahui, seminar ini nantinya akan menghadirkan sejumlah narasumber seperti Siswono Yudho Husodo, Jusuf Kalla, Rm. Frans Magnis Suseno, Asvi Warman Adam, dan Alissa Wahid. Sementara itu, seminar nasional tersebut nantinya akan dihadiri oleh 400 peserta. Para peserta seminar ini tidak saja berasal dari unsur Partai Nasdem, melainkan juga turut melibatkan sejumlah representasi tokoh pemuda nasional dari unsur asosiasi pertukaran pemuda di bawah Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, serta dari unsur Prominent International Scholarship Recipients yang dikelola oleh sejumlah Kedutaan Besar yang ada di Indonesia seperti Organized by Embassies Amerika, Australia Jepang, Jerman, Belanda, Inggris, Perancis, Tiongkok  dan Rusia.

 

Tidak hanya itu, para peserta seminar ini juga berasal dari sejumlah perguruan tinggi di Indonesia meliputi UI, UIN, UNJ, Trisakti, Tarumanegara, Atmajaya, Universitas Gunadarma, Universitas Pancasila, Universitas Bina Nusantara, dan Universitas Pamulang. []

Penulis: Yuli Rahmad

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Advertorial

Berita Terkait

Berita Lainnya

Leave a Comment

Advertorial

Berita Terpopuler

Kolom

Suara Pembaca

Kirimkan tanggapan dan komentar Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik dan keluhan konsumen.

Kategori Berita