Kategori Berita

Informasi

Hadiri Pelantikan DPW GARPU Sumsel, Ini 3 Pesan Gubernur Herman Deru

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Palembang – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru turut hadir dan memberikan sambutan yang istimewa dalam prosesi pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Gerakan Restorasi Pedagang dan UMKM (GARPU) Provinsi Sumsel. Dalam pidatonya, Herman menyebutkan Pengurus DPW GARPU Sumsel perlu menitik beratkan kerja-kerja pengembangan UMKM pada tiga agenda utama.

 

“Yang pertama, perlu didesain agenda pelatihan dan pendampingan bagi pelaku UMKM secara simultan, sesuai dengan kebutuhan pelaku UMKM yang didata dan dibina,” demikian katanya memberi pesan pertama saat memberikan sambutannya, Minggu (30/10/2022).

 

Dikatakannya, upaya memberikan layanan pelatihan dan pendampingan harus dilakukan secara kontinu dan simultan. Hal itu tak lain mengingat betapa persaingan di sektor usaha mikro sangat ketat. Konon lagi dengan adanya tantangan produk-produk luar negeri yang membanjiri pasar-pasar domestik.

 

Selanjutnya, Herman Deru juga menekankan betapa Hj Meilinda MM sebagai Ketua GARPU Sumsel dan pengurus lainnya perlu mendorong adanya sumber-sumber pembiayaan alternatif baik dari pihak perbankan maupun non-perbankan. Bagaimanapun katanya, urusan sumber permodalan masih menjadi masalah klasik yang dihadapi para pelaku usaha mikro.

 

“Dorong literasi keuangan yang inklusif agar pelaku UMKM dapat mengakses sarana keuangan di berbagai sektor. GARPU juga harus mampu mendorong pihak bank agar UMKM dapat dinilai sebagai pelaku usaha yang bankable,” begitu jelas Herman.

 

“Pokoknya jangan sampai hanya bergantung pada tengkulak atau rentenir dengan tuntutan return yang besar,” tambahnya lagi.

 

Yang terakhir, Herman yang juga Ketua DPW Nasdem Sumsel juga menegaskan pentingnya mendorong penciptaan pasar-pasar alternatif bagi UMKM. DPW GARPU Sumsel diminta dapat menjalin kerjasama sehingga produk-produk UMKM di daerah tersebut dapat diterima di berbagai daerah dan pasar-pasar internasional.

 

“Dengan demikian, tugas GARPU akan meringankan kerja-kerja pemerintah dalam mengelola dan mendrong pengembangan sektor UMKM,” tutupnya. []

Penulis: Yuli Rahmad

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Advertorial

Berita Terkait

Berita Lainnya

Leave a Comment

Advertorial

Berita Terpopuler

Kolom

Suara Pembaca

Kirimkan tanggapan dan komentar Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik dan keluhan konsumen.

Kategori Berita