Kategori Berita

Informasi

Bentuk Koperasi Garpu Jaya, KemenkopUKM Dorong GARPU Perkuat Sektor Digital

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Jakarta – Kementerian Koperasi dan UMKM (KemenkopUKM) melalui Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Administrasi Jakarta Selatan memberikan apresiasi yang tinggi atas inisiatif Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerakan Restorasi Pedagang dan UMKM (GARPU) yang sedang berupaya membentuk Koperasi GARPU Jaya. Akan hal itu pula, DPP GARPU didorong untuk memperkuat sektor digital sehingga Koperasi GARPU Jaya dapat memaksimalkan upaya pemasaran produk-produk UMKM.

 

“Inisiasi dari DPP GARPU untuk membentuk badan hukum Koperasi GARPU Jaya sangat bagus sekali, terutama di era pasca pandemi. Koperasi memiliki peran yang vital dalam meningkatkan kesejahteraan para pelaku UMKM dengan mendorong produk-produknya mencapai target market yang diinginkan,” demikian ujar Venu Fendabi, Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan (PPKL) pada Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Administrasi Jakarta Selatan yang hadir sebagai narasumber dalam agenda penyuluhan koperasi, kemarin, Senin (5/9/2022).

 

Ditemani Indah Fauziah, rekan penyuluh dari instansi yang sama, Venu menegaskan pengelola Koperasi GARPU Jaya mesti menyadari betapa segmen digital adalah komponen yang sangat penting dalam mengoptimalkan pengelolaan koeprasi. Digitalisasi koperasi tidak saja bertujuan untuk memudahkan pendataan anggota dan pelaporan pertanggungjawaban dana semata. Lebih daripada itu, digitalisasi koperasi juga dapat mempercepat pengembangan koperasi dengan mendorong produk-produk UMKM agar diterima oleh konsumen dengan baik.

 

“Seperti yang kita ketahui bersama, di era saat ini, hampir seluruh barang kebutuhan baik sandang hingga papan dapat dibeli hanya melalui aplikasi dalam gadget kita,” begitu pungkas Venu.

 

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Bidang Koperasi DPP GARPU, Husni Abdullah SE menyebutkan, pada dasarnya upaya pembentukan Koperasi GARPU Jaya dilakukan untuk memfasilitasi potensi usaha dan produk-produk unggulan dari pelaku UMKM yang menjadi binaan DPP GARPU. Koperasi GARPU Jaya sendiri akan menjadi induk koperasi DPP GARPU dan berkomitmen akan bersinergi dengan berbagai stakeholder dengan harapan dapat terbangun ekosistem bisnis UMKM yang kreatif dan mandiri.

 

“Kami ingin koperasi GARPU Jaya menjadi jembatan,sekaligus motor penggerak dalam upaya mendorong produk-produk UMKM mencapai target pasarnya. Kami juga ingin koperasi ini mampu membangun jaringan digitalisasi mulai dari hulu hingga ke hilir dengan harapan dapat mendorong produk-produk UMKM untuk menembus berbagai pasar domestik, regional, hingga global,” jelas Husni.

 

“Kami juga menargetkan untuk membangun kemitraan yang strategis baik dengan pemerintah maupun dengan private sector agar produk-produk pelaku UMKM dapat dioptimalkan penjualannya di berbagai elemen market yang ada,” demikian tambah Husnis lagi menutup penjelasan.

 

Untuk diketahui, kegiatan penyuluhan Koperasi GARPU Jaya yang digelar oleh DPP GARPU turut dihadiri oleh Ketua Dewan Pembina DPP GARPU Dr T Taufiqulhadi M Si, Wakil Ketua Dewan Pembina Ir Bajora Alamsyah, Wakil Ketua 2 Dewan Penasehat Habib Dr Mohsen Hasan Alhinduan Lc MA, Sekjend DPP GARPU Husendro SH MH, Ketua Koordinator I DPP GARPU H Syarifuddin Ali, dan sejumlah pengurus teras DPP GARPU lainnya. []

Penulis: Yuli Rahmad

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Advertorial

Berita Terkait

Berita Lainnya

Leave a Comment

Advertorial

Berita Terpopuler

Kolom

Suara Pembaca

Kirimkan tanggapan dan komentar Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik dan keluhan konsumen.

Kategori Berita