Kategori Berita

Informasi

Audiensi ke Gubernur Sulteng: GARPU siap bersinergi dengan semua Stake Holder

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Jakarta, GARPU News Dewan Pimpinan Wilayah Gerakan Restorasi Pedagang dan UMKM (GARPU) SULTENG pada Jumat, 27 Mei 2022  beraudiensi dengan Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura bertempat di Ruang Kerja Gubernur Sulteng.  Dalam Audiensi Tersebut Garpu diwakili oleh M. Rizky Hidayatullah (Ketua DPW) didampingi Oleh Emil Podungge Sekertaris DPW, Wakil Ketua I Halim Lawira. S.Kom,. Wakil Ketua 2 Abdurrahman Said.SE,.MM,. Kabid. Inovasi dan Teknologi Moh. Iqbal Podungge. ST,. Kabid. HUBLA. Andi Tenri Marlina Maggu. Kabid. Huku, Advokasi dan HAM. Rusman Andhika. SH. DPW Garpu Sulteng.

 

Tujuan Audiensi selain menjelaskan kehadiran GARPU  di Sulawesi Tengah, juga membicarakan tentang pelaksanaan kegiatan Sulteng UMKM Expo 2022 (SUMEX 2022) yang Isnya Allah dilaksanakan Pada Bulan Juli 2022   yang di inisiasi Oleh GARPU yang bekerjasama dengan Dewan UKM Sulawesi Tengah.

 

Rizky menjelaskan bahwa GARPU sebagai Organisasi Komunitas yang bergerak dalam mengadvokasi dan membantu meningkatkan kualitas usaha dan kehidupan para pedagang dan pelaku UMKM di Indonesia khususnya di Sulawesi Tengah. Kedepannya akan bersinergi dengan semua stakeholder  utamanya pemerintah daerah dalam  pembinaan serta mengedukasi masyarakat serta pelaku UMKM,  diharapkan melalui usaha tersebut akan lahir ribuan UMKM yang tangguh, mandiri dan bardaya saing di Sulawesi Tengah.

 

Pada SUMEX 2022 akan menyajikan pameran produk inovatif/kreatif UKM, koperasi dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) se Sulawei Tengah. Selain itu ada Talkshow yang bertemakan UMKM dan penganugerahan UMKM award kepada  seluruh  insan  wirausaha  dan  semua  orang  yang dianggap  berjasa  dalam  mendorong  serta  memajukan  dunia  kewirausahaan UMKM di Sulawesi Tengah. “Untuk Stan UMKM, KOPERASI dan BUMDES Kami Gratiskan” Ujar Rizky.

 

Gubernur H. Rusdy Mastura menyambut baik Hadirnya GARPU di Sulawesi Tengah mendukung Pelaksanaan SUMEX 2022. Harapan beliau dengan adanya GARPU di Sulteng, tentunya dapat membantu pemerintah Provinsi Sulteng dalam mewujudkan Misi “Mewujudkan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat melalui Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan dan Penguatan Kelembagaan.”

 

Selanjutnya dengan Kegiatan SUMEX 2022  diharapkan dapat menggairahkan kembali ekonomi masyarakat yang sangat terdampak oleh pandemi Covid 19.

 

Selanjutnya Emil Podungge, sekertaris DPW Garpu Menambahkan bahwa dengan adanya pandemi covid-19 dan tantangan Teknologi 4.0 , para pelaku UMKM  beradaptasi. Kuncinya adalah transformasi, “yang pertama adalah transformasi bisnis dari informal menjadi formal, ini sangat diperlukan kerena merupakan salah satu tools agar UMKM dapat mengakses program-program stimulus pemerintah dan kapabilitas dalam akses permodalan dari lembaga-lembaga pembiayaan . Kemudian, transformasi yang kedua adalah berkelompok untuk mencari terobosan baru.  Transformasi yang berkelompok ini diperlukan agar mampu berdaya saing dengan usaha-usaha berskala besar. Namun, pengelompokan harus disesuaikan dengan lini bisnis UMKM masing-masing. Transformasi digital menjadi langkah ketiga yang bisa ditempuh UMKM. Namun, transformasi digital ini butuh pelatihan, mengenai cara pemasaran, distribusinya, hingga logistiknya. Selanjutnya, transformasi teknologi dalam produksinya.  UMKM perlu dibina untuk mengadopsi teknologi untuk meningkatkan produktifitas guna memenuhi permintaan pasar.

 

“Materi Transformasi ini akan masuk dalam Kurikulum Inkubator- inkubator  UMKM yang akan dibentuk Oleh Garpu di seluruh sulawesi tengah” ujar Emil.

 

 

Ditambahkan Abdul Halim Lawira Selaku Ketua I Bidang  OKK menyatakan sampai dengan saat ini sudah tujuh DPD Garpu yang telah dibentuk dan lainnya segera menyusul. Diharapkan pada akhir September 2022 ini Garpu Sudah Ada diseluruh Kabupaten/Kota  Se Sulawesi Tengah.

Oleh karenanya, beliau mengatakan bahwa GARPU Siap Untuk Mengawal Visi – Misi Gubernur dalam “Mewujudkan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat melalui Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan dan Penguatan Kelembagaan”.

Diakhir Sesi Audiensi dilakukan Foto Bersama  Gubernur Sulteng dengan Pengurus Garpu Sulawesi Tengah. (HR)

Penulis: Anca Herfiansyah Radengkilo

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Advertorial

Berita Terkait

Berita Lainnya

Leave a Comment

Advertorial

Berita Terpopuler

Kolom

Suara Pembaca

Kirimkan tanggapan dan komentar Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik dan keluhan konsumen.

Kategori Berita