Kategori Berita

Informasi

Apresiasi GARPU, Habib Mohsen Tegaskan Pengelolaan Usaha Mikro Tak Mudah

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Jakarta – Anggota Dewan Pakar DPP Partai Nasdem, Habib Dr Mohsen Hasan Alhinduan Lc MA menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Gerakan Restorasi Pedagang dan UMKM (GARPU) bersama Ketuanya, Pietra M Paloh atas konsistensinya menggarap segmen tersebut. Menurut Habib Mohsen yang turut berpengalaman mengurus Indonesia Bussiness Development Comunity (IBDC), pengelolaan sektor usaha mikro tidaklah mudah.

 

“Usaha mikro merupakan salah satu kekuatan potensial di masa depan. Dengan potensi pasar lokal yang luar biasa besar, sektor mikro Indonesia tentunya dapat mendorong performa ekonomi nasional yang lebih menggairahkan,” demikian ujar Habib Mohsen di sela-sela aktifitas di Nasdem Tower, Rabu (13/7/2022).

 

Tidak saja faktor pasar Indonesia yang begitu besar yang sangat memungkinkan digarap lebih optimal oleh pelaku usaha mikro, sektor dunia usaha ini juga selalu menyumbang penyediaan lapangan kerja yang tak kalah besar pula. Penyerapan tenaga kerja itu diperkirakannya terjadi secara masif karena dari hulu hingga ke hilir usaha mikro dibutuhkan ketersediaan tenaga kerja yang memadai.

 

“Kalau merujuk data KemenKopUKM Tahun 2019, sektor mikro menyerap sekitar 119,6 juta tenaga kerja, dan menjadi penyumbang ladang kerja paling besar di Indonesia,” demikian katanya.

 

Kendatipun demikian dia menggarisbawahi, pengembangan sektor mikro tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Saat ini dia melihat, ketersediaan sumber daya manusia (SDM) yang ada di Indonesia masih sangat terbatas, dan belum sepenuhnya bersertifikat profesional. Di lain hal, para pelaku UMKM juga belum bertransformasi dengan optimal.

 

“Pemasaran produknya masih dilakukan secara konvensional. Dan masih butuh waktu yang lumayan banyak untuk transformasi secara total. Belum lagi kultur pasar kita yang cenderung tidak percaya dengan produk lokal. Padahal banyak sekali produk lokal tanah air yang berkualitas bagus,” jelas habib Mohsen.

 

Karena tantangan itu pula, Habib Mohsen begitu apresiatif dengan kerja-kerja yang dilakukan GARPU. Dia menekankan betapa GARPU memiliki banyak sekali pekerjaan rumah yang harus dicicil secara kontinu. Upaya pendampingan, monitoring, dan dukungan pengembangan produk dan pasar sektor UMKM harus dilakukan oleh GARPU agar benar-benar memberikan dampak yang signifikan.

 

“Kami yakin keberadaan lembaga ini akan memberi dampak yang sangat positif dan membantu para pedagang dan usahawan,” begitu lanjut Habib Lagi menutup pembicaraan. []

Penulis: Yuli Rahmad

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Advertorial

Berita Terkait

Berita Lainnya

Leave a Comment

Advertorial

Berita Terpopuler

Kolom

Suara Pembaca

Kirimkan tanggapan dan komentar Anda yang berkaitan dengan pelayanan publik dan keluhan konsumen.

Kategori Berita